TAFSIR SURAH AS-SAJDAH AYAT 4-6



 
BAB I
PENDAHULUAN
Alam semesta merupakan karya sang kreator yang maha agung lagi maha kuasa dalam segala hal. Tiada kekurangan yang tertinggal dari ciptaanya itu. Maha suci atas segalanya.
Allah SWT telah berfirman tentang alam semesta dalam kitab-Nya yakni al-Qur'an yang berbunyi:

ان في خلق السموات والارض واختلاف اليل والنهار لايت لاللي الالباب (ال عمران : 190)
Artinya:
Sesungguhnya dalam prenciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-oranga yanga berpikir. (QS. Ali Imron:190).

Alam semesta merupakan segala yang ada di langit dan bumi, atau keseluruhan alam baik itu alam fisik maupun non fisik, al-samawat wal ardh wa ma bainahuma (sesuatu yang ada di langit dan di bumi serta segala yang ada di antara keduanya). Di dalamnya terdapat fenomena-fenomena alam yang sangat menarik apabila dibahas, mulai dari bagaimana alam ini bisa muncul, kejadian-kejadian yang ada, sampai rahasia apa di balik semuanya itu. Tentu dalam memahami alam tidak terlepas dari ayat-ayat al-Qur’an yang kemudian ditafsirkan berdasarkan keimanan mengenai ayat itu dan pembuktian real melalui akal pikiran manusia.










BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Alam Semesta
Pengertian alam semesta adalah semua benda yang berada di ruang angkasa yang mencakup tentang mikrokosmos dan makrokosmos. Mikrokosmos merupkan benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat kecil, misalnya atom, elektron, sel, amuba dan sebagainya. Sedangkan makrokosmos merupakan benda-benda yang mempunyai peran yang sangat besar misalnya bintang, planet dan galaksi.
Namun para ahli astromomi mendefinisikan alam semesta dalam pengertian yang lebih spesifik yaitu tentang ruang angkasa dan benda-benda langit yg ada di dalamnya.
B.     Surah As-Sajdah Ayat 4-6 tentang proses terjadinya alam semesta




“Allah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam hari, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Tidak ada bagi kamu selain-Nya seorang penolong pun dan tidak (pula) seorang pemberi syafaat. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?. Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu. Yang demikian itu ialah Tuhan Yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.”[1]

C.     Tafsir Surah As-Sajdah Ayat 4-6
Tuhan yang menurunkan Al-Qur’an dan pemelihara semesta alam itu adalah Allah yang menciptakan langit yang berlapis tujuh itu dan bumi tempat kamu berada dan Dia juga yang menciptakan apa yang ada diantara keduanya. Semua itu tercipta dalam enam hari – Walau dia kuasa menciptakan dalam sekejap, kemudian yang lebih hebat dari itu adalah Dia bersemayam di atas ‘Arsy dengan cara yang layak bagi diri-Nya. Tidak ada bagi kamu selain-Nya seorang penolong pun dan tidak ada juga seorang pemberi syafaat. Maka apakah kamu tidak memperhatikan dengan perhatian yang penuh?
Perbedaan pendapat tentang makna kata (               ) sittati ayyam/ enam hari. Kata hari disini tidak selalu diartikan dalam waktu 24 jam, tetapi ia digunakan untuk menunjuk periode atau masa tertentu yang sangat panjang ataupun singkat. Atas dasar ini, sementara ulama memahami kata hari disini dalam arti periode atau masa yang tidak secara pasti dapat ditentukan berapa lama waktu tersebut.
Zaghlul An-Najjar menguraikan bahwa proses penciptaan alam raya yang melalui enam periode itu adalah sebagai berikut:
Periode pertama adalah proses Ar-Ratq yakni gumpalan yang menyatu. Ini merupakan asal kejadian langit dan bumi.
Periode kedua adalah Al-Fatq yakni masa terjadinya dentuman dahsyat Big Bang yang mengakibatkan terjadinya awan/kabut asap.
Periode ketiga adalah terciptanya unsur-unsur pembentukan langit yang terjadi melalui gas hidrogen dan helium.
Periode keempat adalah terciptangya bumi dan benda-benda angkasa dengan berpisahnya awan berasap itu serta memadatnya akibat daya tarik.
Periode kelima adalah masa penghamparan bumi serta pembentukan kulit bumi lalu pemecahannya, pergerakan oasis dan pembentukan benua-benua dan gunung-gunung serta sungai-sungai dan lain-lain.
Periode keenam adalah periode pembentukan kehidupan dalam bentuk yang paling sederhana hingga penciptaan manusia.
Firman-Nya: (                                ) tsumma istawa ‘ala al-arsy, juga menjadi bahasan para ulama. Imam malik ketika ditanya makna tersebut menjawab “kata (                   ) istawa dikenal oleh bahasa, tetapi kaifiat/caranya tidak diketahui, mempercayainya adalah wajib dan menanyakannya adalah bid’ah. Tetapi para ulama sesudah adad ke-III, berupaya menjelaskan maknanya dengan mengalihkan makna kata istawa dari makna dasarnya, yaitu bersemayam ke makna majazi yaitu “berkuasa”, dan dengan demikian penggalan ayat ini bagaikan menegaskan tentang kekuasaan Allah SWT dalam mengatur dan mengendalikan alam raya.
Kata (     ) tsumma/kemudian bukan dimaksudkan untuk menunjukkan jarak waktu, tetapi untuk menggambarkan betapa jauh tingkat penguasaan ‘Arsy, disbanding dengan penciptaan langit dan bumi.
Kata (           ) syafi’ terambil dari akar kata (             ) asy-syaf yang berarti genap atau bisa di artikan dengan syafaat. Al-Qur’an menggunakan kata (                         ) tatadzakkarun dengan dua ta’ karena itu mengesankan besar dan penuhnya perhatian yang dituntut.
Kata (           ) yudabbir terambil dari kata (         ) dubur yang berarti belakang. Kata ini digunakan untuk menjelaskan pemikiran atau pengaturan sedemikian rupa sehingga apa yang terjadi di belakang yakni kesudahan, dampak atau akibatnya telah di perhitungkan dengan matang, sehingga hasilnya sesuai dengan yang dikehendaki.
Yang dimaksud dengan (              ) al-amr/urusan adalah kondisi sesuatu serta sifat dan cirri-cirinya sekaligus sistem yang mengaturnya. Huruf (      ) al pada kata ini mengandung arti jenis, sehingga mencakup semua makhluk.
Kata (             ) ya’ruju/naik yang dimaksud adalah kembalinya penentuan segala sesuatu kapada Allah SWT. Menurut pakar tafsir al-Alusi, yang dimaksud dengan ya’ruju ilaihi/naik kepada-Nya adalah kemantapan pengetahuan-Nya tentang semua urusan yang ada di langit dan di bumi, atau tercatatnya amal-amal dalam catatan para malaikat.
Thabathaba’i memahami kata (         ) sama’ bukan dalam arti arah atas, tetapi maqam kedekatan yakni hadirat-Nya. Selain itu bisa juga kata sama’ berarti pusat pengendalian urusan duniawi adalah langit.
Kata (        ) tsuma berfungsi menggambarkan kehebatan dan keagungan yang dicapai oleh sesuatu dalam perjalanan dari bawah ke “atas”. Kata (          ) alf/seribu dapat juga diartikan banyak.[2]
(                                    ) “Yang demikian itu ialah Tuhan Yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Yang Maha perkasa lagi Maha penyayang.” Yaitu Dia yang Maha menyaksikkan perbuatan-perbuatan hamba-Nya. Dia Maha perkasa yang perkasa terhadap segala sesuatu. Dia Maha penyayang kepada hamba-hamba-Nya yang beriman.
D.    Ayat-ayat Lain Tentang Penciptaan Alam
Pembicaraan al-Qur’an tentang alam semesta ditemukan dalam ayat-ayat-Nya yang tergelar dalam beberapa surat. Namun, ayat-ayat yang menjelaskan tentang alam ini masih bersifat garis besar atau prinsip-prinsip dasarnya saja, karena al-Qur’an bukan buku-buku ilmu pengetahuan umumnya yang menguraikan penciptaan alam semesta secara sistematis. Atau mungkin kitalah yang kurang bisa menemukan makna al Qur'an yang sesungguhnya sehingga kita belum mampu menemkan makna al Qur'an yang menunjukkan secara spesifik tentang penciptaan alam semesta.
Walaupun demikian, ayat yang secara jelas mengenai penciptaan alam dapat dilihat dalam surat al-Baqarah ayat 117, yang berbunyi:
بديع السموات والارض واذا قضى امرا فإنما يقول له كن فيكون (البقرة: 11)
“Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengucapkan kepadanya “jadilah” lalu jadilah ia.”[3]
Dari ayat di atas dapatllah kita ketahui bahwa Allah SWT-lah  pemilik mutlak dari alam semesta dan penguasa alam yang tidak dapat disangkal di samping pemeliharaanya yang maha pengasih. Karena kekuasaanya bila Ia hendak menciptakan bumi dan langit, Dia hanya mengatakan “jadilah”. Dan ayat-ayat lain tentang kejadian alam telah ditafsirkan melalui filsafat sains dan agama.
Selain ayat di atas yang telah dipaparkan, masiha ada banyak lagi ayat-ayat al-Qur’an yang menerangkan penciptaan alam di antaranya adalah dalam surat Hud ayat : 7. Yang berbunyi:
وهوالذي خلق السموات والارض في سنة ايام  وكان عرشه على الماء ليبلوكم ايكم احسن عملا ولئن قلت

انكم مبعوثون من بعد الموت  ليقولن الذين كفروا ان هذا الا سحر مبين (هود: 7)

 “Dan Dia-lah yang menciptakan ruang alam (al-sama’) dan materi (al-ardh) dalam enam tahapan atau periode, dan singgasana-Nya (sebelum itu) di atas zat air (al-ma’), agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekkah) : “sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati,” niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata : “ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”[4]
Ayat di atas mengungkapkan bahwa penciptaan alam semesta selama enam masa tahapan atau periode dan Arsy Allah ketika berlangsungnya proses penciptaannya di atas air atau sop kosmon (al-ma’). Singgasanya merupakan kinayah atau kiasan, karena untuk melukiskan Allah seperti halnya raja-raja atau penguasa di dunia yang mempunyai singgasana merupakan sikap yang tidak dapat ditoliler Islam. Namun bila dilihat dalam literatur lain, mengenai apa itu arsy tentu muncul berbagai perdebatan yang sangat signifikan.
Pertama, menurut Rasyid Ridho dalam tafsir al-Manar menjelaskan bahwa arsy merupakan “pusat pengendalian segala persoalan mahluk-Nya di alam semesta”. Penjelasan ini berdasarkan pada Surat Yunus ayat 3,
ثم استوى على العرش يدبر الأمر (يونس:3)                                 
“Kemudian Dia bersemayam di atas arsy (singgasana) untuk mengatur segala urusan”[5]
Kedua, Jalaluddin as-Suyuti (pengarang tafsir ad-Durr al-Mantsur fi tafsir bi al-Ma’tsur) menjelasakan, arsy itu melekat pada kursi yang mana para malaikat berada di tengah-tengah kursi tersebut dan dikelilingi oleh empat buah sungai. Sungai pertama berisi cahaya yang berkilauan, sungai yang kedua bermuatan salju putih, ketiga sungai yang penuh berisi air, dan keempat berisi api yang menyala kemerahan. Sedangkan menurut Abu asy-Syaih mengatakan arsy diciptakan dari permata zamrud hijau, sedangkan tiang-tiang penopangnya dari permata yakut merah.
Kata al-sama’ yang lazim diartikan dengan langit, harus dipahami sebagai ruang alam yang di dalamnya terdapat galaksi-galaksi, bintang-bintang, dan lainnya, berputar mengelilingi sumbunya dan pada dinding-dindingnya menempel bintang-bintang. Sedangkan kata al-ardh yang biasa diartikan bumi harus dipahami dengan materi, yakni bakal bumi yang sudah ada sesaat setelah Allah menciptakan jagad raya. Karena menurut penelitian ilmuwan, bumi baru terbentuk sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu di sekitar matahari, dan tanah bumi baru terjadi sekitar 3 milyar tahun yang lalu sebagai kerak di atas magma.
Ayat yang kedua mengenai alam juga tercatat dalam surat al-Anbiya’ ayat 30, yang berbunyi:
اولم يرى الذين كفروا ان السموات والارض كانتا رتقا ففقناهما جعلنا من الماء كل شيئ حي افلا يؤمنون  
“Dan apakah orang-orang kafir tidak menetahui bahwasannya ruang alam dan materi (al-ardh) itu keduanya dahulu adalah sesuatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air (al-ma’) Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada beriman juga. ”(QS, al-Anbiya’:30).[6]
Dalam surat ini disebutkan informasi bahwa dahulu ruang alam (al-sama’) dan materi (al-ardh) adalah menyatu sebelum dipisahkan, dan kemudian dijelaskan pula tentang air yang daripadanya dijadikan segala sesuatu yang hidup.
E.     Manfaat Alam bagi Kehidupan Manusia
Alam pada dasarnya adalah untuk kepentingan manusia. Dengan alam, manusia bisa bertempat tinggal, mencari makan, dan lain sebagainya, yang akhirnya dengan semua itu agar manusia dapat beribadah / menyembah kepada Allah (li ya’budun).
1.      Tempat Mencari Makan
Alam semesta merupakan tempat bagi semua makhluk yang ada di alam semesta ini. Salah satu dari manfaat dari alam semesrta adalah sebagai tempat untuk mencari makan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi:
وجعل فيها روسى من فوقها وبارك فيها وقدر فيها أقوانها في اربعة ايام سواء للساءئلين (الفصلات: 10)
“Dan Kami ciptakan padanya gunung yang kokoh di atasnya. Dan kemudian Dia berkahi dan Dia tentukan makanan bagi (penghuni) nya dalam empat masa, memadahi untuk (memenuhi kebutuhan) mereka yang memerlukan.” (S. Fushilat : 10).[7]
Dari ayat di atas dapat kita ketahui bahwa bumi ini merupakan tempat makhluk untuk mencari makan. Yang sebenarnya adalah bahwa menurut kami bukan hanya bumi saja yang merupakan sarana untuk mencari makan untuk manusia, akan  tetapi benda-benda langit lainnya pun merupakam darana untuk mencari makan. Seperti astronot atau ahli falak yang menggunakan pengetahuan benda langitnya sehingga mereka bisa mendapatkan rizki dari ilmu yang mereka ketahui yang kemudian mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan makannya.
2.        Sumber Perhiasan
Selain sebagai sarana untuk mencari makan, alam semesta yang kami khususkan pada bumi ini juga mempunyai manfaat bagi kita sebagai sumber dari perhiasan. hal ini dapat kita fahami dari ayat Allah SWT yang berbunyi:
وتستخرجوا منه حلية تلبسونها (النحل: 14)
“Dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai.” [8]
Selain kedua manfaat itu masih banyak sekali manfaat-manfaat lain yang dapat kita temukan di sekitar kita, dan tidak mungkin sekali bisa disebutkan semuanya. Intinya, alam ini diciptakan oleh Allah guna memenuhi kebutuhan manusia
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
alam semesta diciptakan melalui beberapa proses yang dalam al-Qur’an menyebutkan bahwasannya bumi, langit, dan seisinya terbentuk dalam enam masa. Di dalamnya terdapat fenomena atau gejala-gejala yang sangat luar biasa yang dapat kita saksikan. Allah tidak menciptakan itu semua dengan sia-sia. Dan ini semua diperuntukkan kepada menusia agar mereka mengetahui keagungan-keagungan-Nya dan supaya mereka menyembah kepada-Nya.
















DAFTAR PUSTAKA
·         Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah Vol 11. Lentera Hati: Jakarta. Cetakan ke-VI
·         Ghofar, M. Abdul. 2008. Tafsir Ibnu Katsir. Pustaka Imam Asy-Syafi’i: Jakarta.
H.M. Bachrun. Qur’an Suci Teks Arab, Terjemah Dan Tafsir Bahasa Indonesia. 1995. Darul Kutubil Islamiyah: Jakarta. Cetakan ke tujuh               


1H.M. Bachrun. Qur’an Suci Teks Arab, Terjemah Dan Tafsir Bahasa Indonesia. 1995. Darul Kutubil Islamiyah: Jakarta. Cetakan ke tujuh               
[2] M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah Vol 11. 2002. Lentera Hati: Jakarta. Cetakan Ke-VI
[3]&4 H.M. Bachrun. Qur’an Suci Teks Arab, Terjemah Dan Tafsir Bahasa Indonesia. 1995. Darul Kutubil Islamiyah: Jakarta. Cetakan ke tujuh

[5] &6 H.M. Bachrun. Qur’an Suci Teks Arab, Terjemah Dan Tafsir Bahasa Indonesia. 1995. Darul Kutubil Islamiyah: Jakarta. Cetakan ke tujuh

[7] &8 H.M. Bachrun. Qur’an Suci Teks Arab, Terjemah Dan Tafsir Bahasa Indonesia. 1995. Darul Kutubil Islamiyah: Jakarta. Cetakan ke tujuh

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "TAFSIR SURAH AS-SAJDAH AYAT 4-6 "

  1. Unknown says:
    26 Maret 2017 pukul 03.04

    hplpambudi@gmail.com
    Waktu antar alam dunia dan alam akhirat berbeda , 1 hari akherat : 1000 tahun bumi, Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu ( As Sajdah 32:5). Ada lebih dari 10 surat dalam Al Qur’an dan banyak di hadits yang menerangkan nya dan termasuk juga ada dalam AlKitab yi :
    Alkitab : [2 Petrus 3 : 8] Akan tetapi, ..., yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun ....Mazmur 90:4 Sebab di mata –Mu seribu tahun sama seperti ( satu) hari kemarin, apabila berlalu , atau seperti suatu giliran malam
    Jadi disini adalah kesetaraan waktu di dunia vs di akherat , kita di dunia merasa 1000 tahun padahal kl dilihat dari sisi akherat cuma 1 hari , sedangkan kl soal kecepatan itu kasusnya saat nabi isro miroj yang didampingi Malaikat ( bukan naik burung ) .... adapun kecepatan Malaikat , seperti :
    Ta'ruju lmalaa-ikatu warruuhu ilayhi fii yawmin kaana miqdaaruhu khamsiina lfa sana [Al-Ma’aarij : 4].
    Malaikat- malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun

  2. Unknown says:
    26 Maret 2017 pukul 03.05

    [ Thaa haa 20:103] mereka berbisik-bisik di antara mereka: "Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sepuluh (hari)"

    Nahnu a'lamu bimaa yaquuluuna idz yaquulu amtsaluhum thariiqatan in labitstum illaa yawmaa
    [ThaaHaa 20:104] Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan, ketika berkata orang yang paling lurus jalannya di antara mereka: "Kamu tidak berdiam (di dunia), melainkan hanyalah sehari saja".
    Ada makna apa pada Surat Thaa haa 103 diatas, mengingat dalam Al Quran itu berisi hal hal yang penting, tidak sekedar perbincangan yang salah dan perihal ini sudah beberapa kali tertulis, apakah ini dikaitkan dengan waktu kiamat yang 10 hari,soal kiamat : [ Thaa haa 20:103] mereka berbisik-bisik di antara mereka: "Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sepuluh (hari)"

    Nahnu a'lamu bimaa yaquuluuna idz yaquulu amtsaluhum thariiqatan in labitstum illaa yawmaa
    Ada makna apa pada Surat Thaa haa 103 diatas, mengingat dalam Al Quran itu berisi hal hal yang penting, tidak sekedar perbincangan yang salah dan perihal ini sudah beberapa kali tertulis, apakah ini dikaitkan dengan waktu kiamat yang 10 hari, , saat ini sudah masuk hari ke 10...apakah kalau dikaitkan dengan surah Al Fajr : 1 demi Fajar apakah terjadi saat Fajar atau bisa di artikan Fajar nya hari ke 11 yaitu 1 hari dibagi 5 ( waktu sholat ) artinya kurang 0,00.. - 0,2 hari . Bisa juga di artikan terjadi pada saat Fajr ( di belahan bumi mana? ), kalau ini artinya maka maksimum masih 0,49 hari lagi.
    Sesuai Surat Hud Ayat 104 : Dan Kami tidak akan menunda (kedatangan hari kiamat), kecuali sampai waktu yang sudah ditentukan.

  3. Unknown says:
    26 Maret 2017 pukul 03.06

    Setiap sesuatu yang ada sumpah dalam al-Qur’an merupakan suatu hal yang penting dan sangat perlu diperhatikan. Sumpah dalam al-Qur’an berfungsi untuk memperkuat sesuatu yang disampaikan dan menegakkan atau menyempurnakan hujjah (argumentasi).
    Al-Qiyamah Ayat 1 - 2
    (1). لَا أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ Aku bersumpah dengan hari kiamat,
    (2). وَلَا أُقْسِمُ بِالنَّفْسِ الَّوَّامَةِ dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).
    “Demi fajar, dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu”(Q.S al-Fajr 1-4)
    Penyebutan kaum ‘Aad dalam al-Qur’an terhitung sebagai pemberitaan paling banyak dibandingkan dengan pemberitaan tentang ummat-ummat yang lain yang dibinasakan , sebagai bentuk keajaiban dalam al-Qur’an.
    Hal itu karena kaum ini (‘Aad) telah dibinasakan secara total dengan angin berpasir yang tidak sewajarnya. Pasir-pasir itu mengubur dan menutup peninggalan-peninggalan mereka, hingga tersembunyi (tertutup) semua peninggalan mereka dari muka Bumi.
    Dan ini di kaitkan dengan Surat Al-Fajr 1 - 6
    1.“Demi fajar.”

    2.dan malam yang sepuluh,

    3.dan yang genap dan yang ganjil,

    4.dan malam bila berlalu.

    5.Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal.

    6.Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum 'Aad?

    Ayat yang pertama adalah Allah menyuruh perhatikan fajar. Fajar yakni cahaya pagi ketika mulai mengusik kegelapan malam. Yaitu cahaya matahari yang mulai membayang di sebelah Timur, kira-kira satu jam lagi lebih kurang sebelum matahari itu sendiri terbit.
    Dengan menyebut kelima hal tersebut Allah menekankan pada surah al fajr diatas bahwa benar-benar pada yang demikian itu terdapat sumpah yang mestinya mengantar siapa yang berakal untuk menerima dan meyakini apa yang disampaikan Allah melalui rasul-Nya, yaitu keniscayaan Hari Kiamat.
    Rasulullah (saw) mengatakan: "Kehidupan dunia seperti tujuh hari pada hari-hari akhirat. Allah Ta'ala, mengatakan, satu hari sama seperti seribu tahun di sisi Tuhanmu." (Anas bin Malik)
    Walaqad arsalnaa nuuhan ilaa qawmihi falabitsa fiihim lfa sanatin illaa khamsiina 'aaman fa-akhadzahumu ththhuufaanu wahum zhaalimuun
    Demikian juga soal kehidupan manusia ,karena nabi pernah bersabda bahwa datangnya kiamat tidaklah lama , yaitu sesudah masa diutusnya nabi menjadi utusan terakhir/penutup (berjarak '1 masa' yaitu 1000 tahun) ,Nabi Muhammad saw lahir di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun Gajah , tanggal 20 April 571 Masehi , Jadi perkiraan : 571 + 63 = 634 ...... + 1000 = 1634 Masehi + jika arti fajar = 200 tahun = 1834 klihatan dah lewat , seandainya + fajr maximum 500 tahun = 2134 ( = 1455 H ), kurang / lebih 18 tahun lagi
    As–Suyuti dalam kitab (الكشف عن مجاوزة هذه الأمة الألف) mengatakan: “Berdasarkan sejumlah riwayat (atsar), umur umat ini (islam) adalah lebih dari seribu tahun, namun lebihnya tidak mungkin lebih dari 500 tahun (al Kasyf hal 206). Artinya, maksimal umur umat ini adalah 1500 tahun.”
    ......... Pendapat lain

  4. Unknown says:
    26 Maret 2017 pukul 03.06

    bnu Hajar mengatakan adanya tambahan 500 tahun sesuai hadis marfu dari Sa’ad bin Abu Waqqash bahwa Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya saya berharap agar umatku tidak akan lemah di depan Tuhan mereka dengan mengundurkan umur mereka selama setengah hari.
    Jadi total umur Islam menurut Ibnu Hajar adalah 900 + 500 tahun = 1400 tahun lebih, belum termasuk tambahan (karena tidak mungkin umur itu bernilai genap)
    Jika sekarang tahun 1437 H (2016 M), berarti sudah melewati lebih dari 1400 tahun itu. Sedangkan tambahan yang dimaksud itu mungkin adalah umur Nabi Muhammad SAW, karena Islam adalah agama yang dibawa oleh Beliau. Juga ditambah dengan 13 tahun karena awal penulisan tahun Hijriah dimulai pada saat Rasulullah SAW hijrah ke Madinah dan 13 tahun adalah ketika beliau di Makkah.Sehingga : 1400 + 63 (umur Nabi) + 13 ( sebelum hijrah) = 1476 H tahun
    Jika saat ini 2017 M (1438 Hijirah), berarti 1476 – 1438 = 38 tahun, ini +/- sisa umur umat Islam.
    ( Apakah pada tahun 2055 M Islam sudah hilang dari muka bumi ? Hanya ALLAH yang mengetahuinya )
    Jadi kapan KIAMAT??..... ( Umat Islam akan di wafatkan dulu sebelum kiamat )
    , Ya itu + / - saja, kepastian nya wallahua’lam

Posting Komentar